Traveling Itu Belajar

travel

Sehabis Bromo? Tanggung dong kalau langsung balik. Jadi kami mampir ke Museum Angkut di Malang. Pas perjalanan semua tepar, kecuali temen papa saya (yg nyetir) dan Selin. Yep.

Siapa bilang traveling itu harus ke tempat yang alam-alam aja, ke museum juga bisa. Gak cuma jalan-jalan tapi belajar juga. Museum Angkut merupakan museum yang berisi kendaraan baik yang udah jadul (jaman dulu) banget bahkan sampai yang paling modern. Ada yang asli Indonesia bahkan sampai dari luar negeri juga ada. Jadi kalau ke Malang wajib ya buat pergi ke Museum Angkut.

Disana kami menghabiskan waktu berjam-jam karena sangat luas bangunannya dan juga buat foto-foto hahaha. Dan menemukan mas-mas ganteng penjual bakpao but I couldn’t take his picture hahaha.

Jadi selama perjalanan ini saya berpikir kalau saya gak mau pergi traveling dengan banyak orang, RIBET! Apalagi kalau suruh tunggu-tungguan saking rempongnya temen. DAN! Saya suka sebel sama orang yang nggantungin apa-apa cuma ke 1 orang, jadi yg urus tiket, hotel, transport disana, dll sedangkan sisanya cuma terima jadi! At least kalian yang gak ikut ngurus itu bantu searching info atau HARUS MAU TERIMA APA YANG UDAH DITENTUKAN (ini paling gampang), bukan malah protes. Kan kasian juga orang itu udah dibebani kayak gitu ditambah masih diprotes karena alasan yang gak mutu. 

Nah, yang saya terapin sampai sekarang adalah saya traveling lebih baik sendiri dan kalaupun saya ajak temen itu maksimal 2 orang (saya tidak termasuk) tapi kalau terlalu ganjil ya 4 orang deh maksimal (termasuk saya) tapi sejauh ini saya nyaman-nyaman aja sih pergi bertiga dan syaratnya adalah temennya harus yang asik, suka tantangan, gak rempong apalagi dikit-dikit ngeluh! atau lebih enak lagi family trip kan hahaha mengurangi pengeluaran bruh.

Kalau solo travel bukan saya yang khawatir, tapi keluarga dan teman-teman saya hahaha. Dan juga saya perempuan jadi banyak yang harus dipertimbangkan. Tapi gak ada salahnya kok solo travel walaupun perempuan usahakan hasil pemikiran udah paling mantap dan bawa pepper spray sebagai alat untuk melindungi diri especially cewek atau pisau lipat tapi hati-hati pas dibandara bisa disita jadi umpetin sebaik mungkin ya. Mau sendiri atau banyak orang, yang penting adalah tetap hati-hati dan selalu waspada! Kata mbak Trinity penulis The Naked Traveler sih “Worry gets you nowhere” jadi para cewek-cewek ayo traveling!!! 

Tbh, karena buku The Naked Traveler lah hasrat saya buat traveling itu makin besar dan saya berani keluar dari zona nyaman. Kamu?

Kalau kalian ada tanggapan lain silakan comment dan stay respect. Cheers!

#TrisVenture

 

Leave a Reply

