Kenapa Travel? Kenapa Photography?

photography, travel

Sejak kecil, ya gak kecil-kecil banget sih se-semut, he. Saya sering diajak keluarga saya untuk jalan-jalan, traveling, tepatnya sih liburan, dan karena waktu kecil rumah keluarga saya masih “Nomaden” alias pindah-pindah, saya jadi makin sering jalan-jalan. Enak ya
? Mana ada. Kalau perginya pas bayi mana inget:( Tapi, dari situ juga traveling jadi hobi saya.

Kenapa Travel?

Sebagai manusia biasa ini, saya itu gak pinter-pinter banget dalam pelajaran sekolah, gak bisa buat mikir keras, nanti mimisan, gak gitu juga sih. Saya bahkan sering dibilang “idiot” oleh teman-teman saya karena ke-absurd-an dan tingkah laku saya yang gila. Tbh, saya tipe orang yang gak bisa berdiam diri disuatu tempat dalam jangka waktu lama. Contohnya, ruang kelas. Yep. Kalau ada jam kosong sudah dipastikan saya akan jalan-jalan, entah muterin dalam kelas atau luar kelas, atau main kartu, eh. Ya pokoknya bakalan melakukan sesuatu yang beda dari orang lain entah penting atau gak. Dari kecil saya udah pengen banget jalan-jalan, impian saya? Ya keliling dunia lah. Gak munafik juga ya, yang dipikirin ya duit. Kalau gak ada duit mana bisa traveling bruh. Saya pun bukan berasal dari keluarga orang kaya yang bisa dengan begitu mudah untuk pergi keluar negeri.

Kenapa photography?

Sebagai manusia biasa pula saya gak bisa mengeluarkan uang secara tiba-tiba atau menggandakan. Yep. K. Kalau waktu kecil sih mau pergi ya pasti bakalan dibayarin orang tua. Lah kalau sekarang? Mau minta gak enak, udah gede, and I think its my responsibility now. Dengan fotografi ini saya mengais rejeki dan pengen menggali kemampuan saya yang lain. Lagipula fotografi ini juga pekerjaan yang menurut saya sangat berhubungan dengan traveling. Saya memilih untuk menjadi fotografer landscape, ya saya memang masih baru didunia ini. Tapi saya mau belajar, berusaha, berdoa, dan BERMIMPI. Saya yakin dengan 4B ini, impian saya semakin dekat.

Jangan kalian kira traveling dan photography itu gampang ya people. Justru menurut saya ini hobi dan pekerjaan yang paling mahal. Traveling butuh duit buat transport, makan, dan tempat tinggal, except, punya temen yang baik hati, dermawan, peka, punya rasa iba, dan tidak sombong lol ditempat yang bakalan dikunjungi. Nah fotografi apalagi bos. Buat beli lensa yang sesuai aja harganya bisa puluhan juta lebih mahal dari kameranya, belum juga aksesoris dll. Tapi apalah arti kamera mahal dan lensa sebesar dan sepanjang segala masa kalau gak tau cara pakainya pasti hasilnya juga biasa aja. Pakai kamera jenis apapun dan lensa apapun selama bisa memaksimalkan pemakaiannya, pasti hasilnya bakalan WOW!!!

Semua dimulai dari nol. Jangan pernah nyerah walaupun harus keluar dari jalur dan comfort zone. Make a simple thing to be the greatest thing ever. Satu kalimat yang selalu saya ingat dan pikirkan dari mbak Claudia Kaunang “Selalu ada jalan bagi kita yang suka jalan-jalan.” Cheers!

#TrisVenture

Leave a Reply

